berbagi ilmu itu sangat baik dengan cara mengamalkan apa yang kita tahu itu baik untuk yang lain.

berbagi ilmu itu sangat baik dengan cara mengamalkan apa yang kita tahu itu baik untuk yang lain.

Sabtu, 07 Mei 2011

KENAPA ALLAH MENCIPTAKAN MANUSIA?....


Pernahkan Anda Bertanya?Kenapa Allah menciptakan manusia?

Assalamualaikum wr.wb.

PERTANYAAN : Kenapa Allah menciptakan manusia? padahal manusia hanya akan merusak, seperti kita ketahui bersama bahwa saat Nabi Adam a.s. diciptakan para malaikat bertanya kenapa manusia diciptakan, padahal mereka hanya akan merusak bumi saja, & Allah SWT menjawab " sesungguhnya aku lebih tahu daripada engakau", disini ane pengen menggali lebih dalam, Kenapa Allah menciptakan manusia? nggak mungkin kan cuma untuk iseng2 aja? bukankah semua ciptaan Allah itu pasti ada faedahnya? jawaban yang pernah ane dapet salah satunya untuk beribadah & bertaqwa pada Allah SWT, saya belum puas dengan jawaban ini, karena tanpa adanya manusia beribadah pun Allah tetap tidak berkurang kemuliaannya & masih tetap Maha Kuasa atas segalanya. Ada pula yang bilang pertanyaan Kenapa Allah mencipta manusia ini adalah pertanyaan yang nggak boleh kita pertanyakan, karena saat malaikat bertanya Allah memberikan jawaban " Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak engkau ketahui"....Apa kita harus berhenti disini dan di"paksa" untuk tidak bertanya tentang ini sedangkan dilain pihak kita disuruh beribadah dengan penuh keimanan padahal untuk bisa beribadah dengan khusyuk menurut ane kita mesti tahu kita sedang mengerjakan apa, tujuannya untuk apa.nggak fair kalo kita wajib percaya tanpa diberi penjelasan tentang apa yang kita imani Karena keimananan itu ada di dalam hati & tidak dapat dipaksakan. Jujur hal ini selalu mengganggu pikiran ane waktu shalat.
Ini hanya perbedaan antara robot dan manusia

[1]Kenapa manusia membuat (bukan menciptakan) robot...?

[2] Kenapa Allah menciptakan manusia..?

Jawaban [1]
Karena robot diperintah/dikendalikan (gerakannya, dll) oleh manusia utk apa yg di inginkan oleh si pembuat dan robot tidak bisa berusaha sendiri dan robot tidak mempunyai pegangan utk dirinya melainkan keinginan itu datang dari keinginan si pembuat utk mengingginkan apa yg di inginkannya (manusia/pembuat).

Jawaban [2]
Karena manusia tidak dikendalikan oleh Allah Swt, melainkan Allah Swt Maha Mengetahui apa yg diperbuat manusia dan manusia berusaha sendiri, berdoa saja tanpa berusaha tidak akan mendapatkan apa yg di inginkannya. Dan juga manusia di berikan pedoman utk dirinya agar dirinya (manusia) dari pegangannya itu mendapat petunjuk utk kembali ke diriNya sesuai dari pedoman atau petunjukNya.

Jadi kenapa Allah menciptakan manusia, jawabannya : QS. Al-Baqarah 2:30

Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."

Yang di atas itu hanya perbedaan saja manusia dan robot.

123 komentar:

  1. jd intinya, kita gak tahu jawaban yg sebenarnya sebab hanya Alloh yg mengetahui maksd di balik penciptaan manusia itu.

    BalasHapus
  2. Memang benar kita sering membuat kerusakan tetapi dari kerusakan itu kita membangun hal yang luar biasa, memang benar kita selalu berperang tetapi berkat perang kita dapat mengerti pentingnya perdamaian, manusia hanyalah mahluk bodoh tetapi mereka terus belajar. Dengan izin Allah SWT manusia akan dapat membuat keajaiban.

    BalasHapus
  3. Permisi, numpang belajar. Jika analoginya seperti itu, manusia kan membuat robot untuk mempermudah pekerjaan manusia. Sedangkan Allah tidak memerlukan bantuan manusia untuk melakukan apapun. Mohon tanggapannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari dlu saya juga mikirin itu.tapi alhamdulilah skrg saya udh mengerti menggunakan logika manusia kenapa Allah menciptakan manusia padahal dia sudah tau bahwa akan banyak manusia yg akhirnya masuk neraka.penjeleasanya kurang lebih begini.Allah bisa menciptakan mahluk yg sejak awal smpe akhir menyembahnya dan dia udah nyiptain itu yaitu "malaikat" namun Allah menciptakan lagi mahluk yg lebih hebat dri malaikat yaitu "manusia"karna apa?manusia memiliki "kehendak bebas" kita bebas memilih menyembah Allah atau tidak.sedangkan malaikat dari awal sampai akhir akan terus menyembahnya karna mereka tidak memiliki kehendak bebas.dari awal saat kita ingin diciptakanpun kita ditanta ingin menjadi malaikat atau manusia.kita yg bodoh karna kita memilih menjadi manusia.lalu ingatan itu dihapus dan akan dikembalikan nanti saat diakhirat.kenapa?karna jika ingatan itu dikembalikan sekarang dimana letak ujianya?jadi ujiannya ini sedang berlangsung.kalau kita menyembah Allah atas pilihan kita maka kita lebih tinggi dari malaikat.namun jika kita menjauhi perintahnya kita lebih rendah dari malaikat.terimakasih sbnrnya pertanyaan dan jawaban ini saya dapat saat seorang ateis bertanya kepada DrZakirNaik.temen temen bisa liat diyoutube.assalamualaikum

      Hapus
    2. Itumah udah gua tonton juga. Tpi masih kurang,
      Okelah, anggap aja gua setuju. Kita bodoh telah memilih menjadi manusia!
      Sekarang yang jdi pertanyaannya
      KENAPA TUHAN TETAP MENCIPTAKAN MANUSIA, PADAHAL KEBANYAKAN MANUSIA AKAN MASUK NERAKA?
      KALAU LOGIKANYA SEPERTI ITU, TUHAN JUGA TAHU TENTANG KEBODOHAN KITA
      TERUS
      KENAPA TUHAN MEMBERI PILIHAN?, KENAPA MANUSIA HARUS DIUJI?
      TUHAN TAHU, PADA AKHIRNYA BANYAK DARI MANUSIA ITU YANG AKAN NYEBUR KE NERAKA
      TERUS KENAPA TETAP DICIPTAKANNYA MANUSIA MANUSIA ITU?

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. @Zul Fiqru, MUNGKIN (jangan di anggap benar, hanya Allah SWT yg mengetahui) Allah ingin supaya ada yg mengisi kekosongan di neraka, jadinya banyak dibuatlah manusia dan syaiton yang akan mengisi neraka (wallahu A'lam bishawab). Semoga kita bukan termasuk ke dalam golongan orang-orang yg dimurkai Allah SWT, aamiin.

      Hapus
    5. Saya yg bodoh ini coba untuk simpel saja...salah satu teman kita yg diatas sudah cukup menjelaskan...tapi masih ada aja yg balik2 lagi nanya hal yg sama...kalo mutar2 lagi nanya kenapa...padahal udah dijelaskan..maka jawaban terakhir inilah yg jadi obatnya (allah subhana wata 'ala lebih tau daripada kita yang ilmunya gak ada sama sekali alias idiot)...
      Masih nyinyir juga nanyain pertanyaan bodoh bin idiot akut...maka saya analogikan secara kasar saja...orang kafir saja yakin ama tuhanya..lo lo yg muslim ragu ama tuhan lo...wah malu dong ma orang kafir...ha...ha..ha
      ๐Ÿ˜•๐Ÿ˜•๐Ÿ˜•๐Ÿ˜•

      Hapus
    6. Bukan begini cara menjawab seorang muslim. Kalau anda jawab dengan cara gini maka yakinlah orang itu tdk semakin sadar tpi semakin sesat. Menasehati boleh tapi jangan mempermalukan sodaramu. Gunakan kata2 yg lbih sopan wahai sobat.

      Hapus
    7. Bukan sok paham, cuma mau bilang,. .ALLAH SWT itu Tuhan, MAHA SEGALANYA, jadi apapun yang ALLAH KEHENDAKI, itu terserah Nya..Sebagai ciptaan, kita tidak berhak menentang apa yang telah dilakukan sang pencipta, jadi apapun yang ALLAH SWT CIPTAKAN, apapun yang ALLAH SWT LAKUKAN, itu semua kehendak-Nya. . .Suka-suka ALLAH mau ngelakuin apa, cukup ikuti perintah-Nya dan Jauhi Larangannya..Islam memang suka dengan manusia yang berfikir, tapi Islam juga mengajarkan umatnya untuk beriman,. .Berilmu tanpa Iman sama halnya kita dengan ROBOT. . .

      Hapus
  4. Menurut analisis saya...allah menciptakan manusoa berpasangan dan beranak pinak saling mencintai..makanya anak adalah amanah atau titipan dari allah. Manusia menjadi banyak itu karena buah cinta kasih dan sayang kpd manusia seaamanya..tujuannya adalah untuk beribadah kpd allah sang pemilik....jadi berarti manusia itu adalah khalifah dimuka bumi ini.

    BalasHapus
  5. Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi ?
    tpi kenapa malaikat tau ya bawah manusia merusak padahal allah baru ingin menciptain manusia jelaskan dong..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya mengertinya sih, saya hubungkan data dengan yang pernah terjadi sebelumnya.

      Bukankah dulu ada umat sebelum manusia yang Allah jadikan khalifah di bumi? Kalau nggak salah saya pernah tahu memang keberadaan kaum ini nyata, dan mereka bukan manusia. Kaum ini membawa kerusakan di bumi, dan akhirnya Allah memusnahkan mereka tanpa sisa dalam sekejab. Hingga mereka hanya menjadi fosil dan tidak ada keturunan dari mereka sekarang. Ente tahu gan kaum sebelumnya ini apa? Ya, bener sekali. Dinosaurus. Mereka membawa kerusakan di muka bumi, saling makan satu sama lain, dan pertumpahdarahan.

      Masuk akal kan jika malaikat 'tahu' bahwa mahkluk ini akan membawa kerusakan (karena mereka mengira manusia akan sama saja)

      Maka dari itu Allah menjawab, "sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kau ketahui."

      Disini Allah berusaha menerangkan pada malaikat bahwa manusia akan berbeda dengan kaum khalifah di bumi yang sebelumnya. Manusia bukan hanya nafsu tapi juga dilengkapi dengan akal. Malaikat tidak tahu akan hal itu, karena mereka tak memiliki nafsu dan akal.

      Itulah gan kenapa malaikat berkata seperti itu di surah Al-baqarah. Malaikat tidak Maha Mengetahui, jadi mereka hanya membandingkan manusia dengan kaum sebelumnya. Dan mengira manusia akan sama saja. Tapi sesungguhnya Allah maha mengetahui.

      Itulah kenapa ayo membangun dunia ini jadi lebih baik gan :)
      Buktikan pada malaikat di sebelah kanan dan kirimu, pada malaikat yang mengawasimu di atas sana, bahwa Allah memang maha benar. Bahwa manusia memang bisa menjadi khalifah di bumi. Huallahualam

      Hapus
    2. Bukan dinasaurus bro tetapi makhluk yang belum sempurna, contohnya megantropus javanicus

      Hapus
    3. Bukan dinasaurus bro tetapi makhluk yang belum sempurna, contohnya megantropus javanicus

      Hapus
    4. Makhluk yang sebelumnya tuh menurut saya iblis, makannya malaikat berkata demikian karena iblis itu mempunyai akal seperti manusia dan mereka sering melawan perintah allah , dulu sebelum nabi adam diturunkan ke bumi , penghuni bumi tuh adalah para iblis yang sering merusak , koreksi kalo salah

      Hapus
    5. Manusia manusia...kok masih bodoh aja ya...heran...belajar...dalami ilmu agama..allah maha pintar...kita ini goblok bin idiot bin tolol bin pemalas yg cuma kritis tingkat ngawur tanpa ngaji...yo meneng meneng ae lah...kok mau koyok atheis...yg pingin murtad monggo...wis bosan dadi wong muslim...wong muslim tu kudu pinter...jadi rak keblinger...kalo masih bodo yo jadi islam ktp wae ato atheis sekalian...yo...sorry ki konco...agak lancang...

      Hapus
    6. To @aine shity
      Bagaiman dengan teori penciptaan? Apakah Tuhan ada teori "produk gagal" yg menimbulkan kehancuran. Rasanya gak etis lah

      Hapus
    7. Mohon maaf sebelumnya kalo menurut saya, kenapa Allah menciptakan manusia? Harusnya pertanyaan itu ditujukan ke Allah lgsg hehehe
      Kalau ga salah sebelum kita dilahirkan kita sudah ada perjanjian sama Allah, kalo kita masih hidup sampe sekarang berarti dulu kita menyetujui perjanjian tsb, dan pertanyaannya coba diganti bukan kenapa, tp untuk apa kita diciptakan? Pastinya semua tau dong kita ini hidup disuruh apa?
      Terimakasih.

      Hapus
    8. allah membuat manusia sebagai khafilah dimuka bumi karena saat allah menciptakan bumi, gunung, laut dll tidak sanggup menerima amanah sehingga allah menciptakan manusia yang sanggup menerima amanah dengan diberikan bekal berupa akal dan nabsu, dalam perjalanan manusia sepanjang hidupnya mempunyai musuh yang tidak kasat mata yaitu jin sampai hari kiamat, disinilah allah menguji manusia melalui akal dan nabsunya, bila manusia perjalanan hidupnya menggunakan akal masuk katagori hamba allah yang lurus dan sukses mengalahkan malaikat sehingga para malaikat terkagum-kagum menyambut hamba dimaksud, semoga kita termasuk hamba allah yang lurus dan sukses sampai di akherat nanti...amin

      Hapus
    9. Manusia dengan akal nya yang terbatas bertanya " Ya Allah..mengapa kau ciptakan kami" padahal tanpa kamipun engkau tetap maha kuasa ..apakah kami hanya mainanmu..tpi dalam ayatmu engkau berkata " Allah tak pernah mendzolimi manusia..melainkan segala keburukan datang dari diri kita sendiri..kebaikan berasal dari Illahi..mungkin inilah mahluk berkehendak bebas yang telah kau ciptakan..mahluk yang sempurna yang memiliki emosi, akal, nafsu dan hati... pertanyaan ini tak akan bisa dijawab..kecuali nanti saat kita bertemu Allah..pikiran kita hanyalah setitik air dari luasnya alam semesta samudera pengetahuan Allah...

      Hapus
  6. Mungkin Karena malaikat tahu manusia punya nafsu, contohnya yaitu keinginan mendapatkan yang diinginkan tidak peduli apapun caranya. Kalo malaikat kan gk punya nafsu(keinginan).

    BalasHapus
  7. Mungkin Karena malaikat tahu manusia punya nafsu, contohnya yaitu keinginan mendapatkan yang diinginkan tidak peduli apapun caranya. Kalo malaikat kan gk punya nafsu(keinginan).

    BalasHapus
  8. Mungkin Karena malaikat tahu manusia punya nafsu, contohnya yaitu keinginan mendapatkan yang diinginkan tidak peduli apapun caranya. Kalo malaikat kan gk punya nafsu(keinginan).

    BalasHapus
  9. Dan hanya ALLOH yang tahu dari apa yang kita belum ketahui

    BalasHapus
  10. sang pencipta saja tidak memberi tahu tujuan hidup manusia, apa lagi manusia sendiri. saya rasa ada rahasia d balik terciptanya manusia, bahkan malaikat sekali pun tidak mengetahuinya, nah dengan adanya tuhan berarti ada rahasia ,sebaliknya jika tidak ada rahasia maka tuhan itu pasti terlihat dengan mata kepala,,(wujud seperti manusia)dan trus trang itu jg yg menjadi bahan pertanyaan saya selama ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. komen paling masuk akal yg saya baca.
      dan selanjut nya, malah manusia2 indon ribut krna agama. sedang malaikat saja tidak tau rahasia Tuhan...

      Hapus
    2. Iki ki...bijak dan dapat dipahami...gak koyok konco2 diatas yg masih galaw sama tuhan nya...mas...sukron..sukron...semoga allah memberkahi kita dan memberi secuil kepintaran untuk selalu berserah diri dan terhindar dari kegalauan dan keraguan terhadap allah subhana wata 'ala..aaaaamiiiin

      Hapus
  11. Menurut sepengetahuan saya.., Alloh swt menjadikan manusia di muka bumi ini ialah supaya kita dapat mengenalNYA.
    Salam santun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf gan ane mau nanya.. allah menciptakan manusia di mukabumi hanyabuntuk mengenal nya ya kan..? Nah apa ada hadis nya atou ayat nya di al-Qur'an,,? Tolonf di jelsksm trmksih..

      Hapus
    2. Maaf gan ane mau nanya.. allah menciptakan manusia di mukabumi hanyabuntuk mengenal nya ya kan..? Nah apa ada hadis nya atou ayat nya di al-Qur'an,,? Tolonf di jelsksm trmksih..

      Hapus
    3. To @ikhwan ini baru benar supaya kita mengenalNYA, karna dengan begitu kita akan tau apa maksud Tuhan memberikan kehidupan kepada manusia

      Hapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Panjang jawabannya...
    Allah swt menciptakan malaikat, jin dan manusia.
    ...Kalau ditanya mengapa Allah menciptakan manusia padahal bisa menentangnya?
    .. Ingat kalau Allah swt sdh menciptakan malaikat yg sepenutnya bertindak atas kehendak Allah swt.
    Allah sdh punya malaikat yg selalu patuh.
    Kemuadian Allah menciptakan jin dari api dengan sifat dasar angkuh.
    Dan Allah menciptakan manusia sebagai makhluk yg sempurna, karena diberi kebebasan...
    Kalau kita berpikir kenapa tdk diciptakan yg penurut? Kan sdh ada malaikat.
    Untuk itu Di Alquran disebut kalau manusia itu akan lebih tinggi derajatnya dibanding malaikat jika beriman,
    dan sebaliknya.
    Kita sebagai manusia lah yg bodoh kenapa memilih menjadi manusia...
    Karena serakah akan janji Allah..

    Allah berfirman bahwa Aku akan memberikan apa saja yg kamu minta asalkan mengikuti perintah dan kewajibanku selama 2 detik diakhirat yg sama saja dengan 50 tahun di dunia. Kita terlanjur terima tawaran tersebut.
    Dengan harapan mendapat posisi lebih tinggi dari malaikat, tp kita lupa akan cobaan apa yang akan diberikan..
    Kemudian ada pertanyaan.
    Kalau Allah itu mengetahui Mengapa manusia tidak langsung di masukkan ke neraka atau surga?
    Betapa adilnya karena jika seseorang dimasukkan langsung ke neraka maka iya akan menuntut.
    Kenapa sy masuk neraka? Apa yg sy lakukan? Kan tidak adil.

    Untuk lebih jelasnya
    NONTON
    DR. ZAKIR NAIK DI YOUTUBE.
    semua akan terjawab.

    Wassalamu alaikum.

    BalasHapus
  14. Ayo saudaraku...
    Nontonlah
    DR ZAKIR NAIK
    .. Semua pertanyaan seperti ini dijawabnya.
    Termasuk pertanyaan yang sama.
    Tulis saja pertanyaannya dan di akhiri dengan Dr Zakir di akhir kalimatnya di youtube.
    Semoga kita semua di beri hidayah.
    Yang masih ragu2 akan keyakinannya silahkan nntn.
    Insyaallah pertanyaanny terjawab.

    BalasHapus
    Balasan
    1. zakir naik adalah tukang sulap, dia dengan seenaknya merubah2 isi alquran di depan jutaan manusia dengan tingkat percaya diri yang luar biasa, sehingga membuat penontonnya tidak sadar akan apa yang di ucapkan benar atau tidak, silahkan baca http://issuu.com/islamexpose/docs/meruntuhkan_kebohongan_intelektual_

      Hapus
    2. dr zakir naik just human, dont misjudging him with your sceptic judgement. infact he already do something for his religion, what have you do anyway for yours?

      Hapus
    3. Kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT, jadi maklumi saja jika manusia biasa mememiliki kesalahan dan kekurangan. Btw baca artikel itu jadi teringat surah Al-Baqarah (2:102), ketika nabi Sulaiman a.s disebut sebagai penyihir oleh orang-orang kafir

      Hapus
  15. https://m.facebook.com/media/set/?set=a.259232574096868.63336.167465033273623

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Kenapa ya ada makanan, ya untuk makanan. Kenapa ada pembuanganbsampah ya untuk buang sampah. Kenapa ada kaliannsemua ya untuk kalian semu...hik enak seudel aye aja jawab..

    BalasHapus
  18. sesungguhnya hanya Allah Yang Maha Mengertahui

    BalasHapus
  19. Sesungguhnya hanya Allah Swt Yang Maha Mengetahui tujuan penciptaan manusia

    BalasHapus
  20. Sesungguhnya hanya Allah Swt Yang Maha Mengetahui tujuan penciptaan manusia

    BalasHapus
  21. kita hanya manusia, kita tidak akan mampu memikirkan sesutu yang diluar akal kita.
    sama halnya dengan semut, dia tidak akan mampu berfikir menyamai manusia. kira-kira jika kita bisa mentransfer fikiran kita ke semut, apakah semut itu akan mampu menampungnya, apakah jika kita mentransfer pengetahun kita menghitung 1+1=2 ke semut, semut itu akan mampu menerimanya?,
    begitu juga dengan kita manusia, apakah kita akan mampu menyamai fikiran Allah yang maha sempurnah? kita ini tidak ada apa-apanya jika ingin dibandingkan dengan Allah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kata teman2 yg pada komen diatas, mas Zakir naik itu mampu kok gan ngasi jawaban2 nya. hahaa

      Hapus
  22. wallahu a'lam check this link if right come from gusti Allah directly if wrong is from the source/author: https://kelanadelapanpenjuruangin.wordpress.com/2013/07/06/makhluk-makhluk-sebelum-manusia/comment-page-1/

    BalasHapus
  23. Menurut saya pemikiran kita cukup habis di kata2 " sesungguhnya aku mengetahui apa yg tdk kamu ketahui " dan ini siapa yg berani menentang?? Dan jelas bahwa Allah menciptakan bumi beserta segala isinya (termasuk manusia) bukan untuk dipermainkan bahkan justru dengan kebaikan dan aturan2 yang baik bukan aturan2 yg menyusahkan bahkan menyiksa dan kita diberikan kebebasan utk memilih apakah kita mau mengikuti aturan yg baik tsb atau malah memilih utk menjauhi aturan tsb yg justru malah mempersulit diri kita sendiri dan itu kembali kepada iman kita masing2, kita tdk perlu jauh2 memikirkan mengapa kita diciptakan yg jelas kita perlu tunduk dan taat kepada Allah yg sdh menciptakan kita dan memberikan segala kebaikan dan nikmatnya sama halnya kita tunduk pada atasan di kantor yg mempunyai sifat baik dan perhatian terhadap kesejahteraan setiap pegawai nya, lain halnya tunduk kepada atasan yg malah mempekerjakan kita secara tdk manusiawi atau memberikan upah da kenikmatan yg tdk sesuai dengan bobot kerja kita silahkan kita meninggalkan atau tdk taat dengan atasan tersebut, terima kasih mohon maaf bila ada salah kata.

    BalasHapus
  24. Ulasan ini tidak memberikan jawaban yang tepat, klu cuma jwbanya ada di Al Qur'an, ya anak kecil aja bisa mnjwb spt ituuuuuu......

    BalasHapus
  25. hahaha' Siapa Tuhan Mu' kamu tahu siapa dia' dia dia dia ?

    BalasHapus
  26. Udh nyari jawaban ini dr dulu tp ga ketemu.
    Kayanya pertanyaan ini ga bisa di jawab dengan batas akal manuasia.
    Contohnya Allah swt sudah punya malaikat untuk menyembahnya setiap saat lalu kenapa ciptain manusia yg tujuan nya sama untuk beribadah jg. Jin kayanya ga usah cari nafkah tinggal mau ibadah aj, lah kalo human waktu nya abis buat ngisi perut ibadah nya cuma brpa jam aj dr total wktu 24 jam. Itu jg blm tentu masuk surga.

    Kalo mikir begini lama2 jd musyrik bener dah...setiap pertanyaan yg di awali dengan "Kenapa" kpd Allah ga akan sampe sama akal kita..

    BalasHapus
  27. Udh nyari jawaban ini dr dulu tp ga ketemu.
    Kayanya pertanyaan ini ga bisa di jawab dengan batas akal manuasia.
    Contohnya Allah swt sudah punya malaikat untuk menyembahnya setiap saat lalu kenapa ciptain manusia yg tujuan nya sama untuk beribadah jg. Jin kayanya ga usah cari nafkah tinggal mau ibadah aj, lah kalo human waktu nya abis buat ngisi perut ibadah nya cuma brpa jam aj dr total wktu 24 jam. Itu jg blm tentu masuk surga.

    Kalo mikir begini lama2 jd musyrik bener dah...setiap pertanyaan yg di awali dengan "Kenapa" kpd Allah ga akan sampe sama akal kita..

    BalasHapus
  28. Ini adalah pembuktian ketuhanan yang paling dasar, sampe sekarang ga ada manusia yg bisa jawab :D

    BalasHapus
  29. Kenapa Anda semua meributkan penciptaan anda,bukan kah lebih baik ada mengamalkan apa yg ada di Al Quran dan Hadist,kita semua hanya hamba bukan?coba pahami surat Maryam ayat 93 tak usah anda terlalu jauh mikir nya nanti bingung lho....udah logika aja klo Manusia ga di ciptain,ya bumi ga akan jadi seperti ini?ga bakal ada motor,kereta api,kapal,pesawat,komputer dll coba klo yg di suruh jadi khalifah di bumi ini dulu malaikat?ya ampe sekarang sampe kiamat yg ada masih utan belantara karena para malaikat ga punya kehendak bebas!dan coba anda rasakan semua ini ada karena apa?karena Allah ingin menunjukan bahwa Allah itu maha besar Allah itu Akbar...!udah sih mas2 dan mba2 semua jalanin aja hidup sebaik yg anda mampu dan yg anda bisa tak usah anda berfikir yg bukan2 kpd Allah karena Allah itu mengikuti sangkaan atau prasangka Hamba nya...berfikir aja semua ini diciptakan untuk kebaikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar nih.. Bukan untuk mengetahui kenapa Tuhan menciptakan manusia melainkan untuk mengetahui apa tujuan kehidupan yg sudah diberikan kenapa manusia

      Hapus
  30. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  31. setuju baget cah gempol sipp

    BalasHapus
  32. Saat kita memilih jadi manusia,disitulah artinya kita pintar krn sudah d jelaskan bahwa manusia lebih muliah daripada mahluk allah yg lain
    Lalu pertanyaanya knp kita d ciptakan?
    Tentu untuk menjadi khalifah dan beriman kpd allah
    Dan kembali knp kita d ciptakan apa karena agar kita beribadah
    Masih belum cukupkah allah dengan banyaknya malaikat dan jin yg beribadah kepadanya?
    Knp masih harus menciptakan manusia jika akhirnya sudah ada setan yg masuk neraka?
    Sebenarnya kembali jawabannya dihati kita
    Pernah berfikir tidak bagaimana rasabya jika kita tidak di ciptakan
    Apa yg kita rasakan saat kita tidak diciptakan bagaimana hampanya
    Dari situlah allah memberi kita kenikmatan untuk merasakan angin, udara dan kita bsa melakukan sesuatu yg kita inginkan meski hanya d bumi
    Berterimakasihlah karena kita sdh d ciptakan dan di berikenikmatan
    Bersyukurlah karena kita telah menjadi manusia
    Malaikat masuk surga
    Setan masuk neraka
    Manusia dapat menentukan sndri karena punya akal dan nafsu
    Maka dari luruskan akal kita untuk selalu percaya yakin dan cinta insyaallah keraguan kita akan dihilangkan

    BalasHapus
  33. Saat kita memilih jadi manusia,disitulah artinya kita pintar krn sudah d jelaskan bahwa manusia lebih muliah daripada mahluk allah yg lain
    Lalu pertanyaanya knp kita d ciptakan?
    Tentu untuk menjadi khalifah dan beriman kpd allah
    Dan kembali knp kita d ciptakan apa karena agar kita beribadah
    Masih belum cukupkah allah dengan banyaknya malaikat dan jin yg beribadah kepadanya?
    Knp masih harus menciptakan manusia jika akhirnya sudah ada setan yg masuk neraka?
    Sebenarnya kembali jawabannya dihati kita
    Pernah berfikir tidak bagaimana rasabya jika kita tidak di ciptakan
    Apa yg kita rasakan saat kita tidak diciptakan bagaimana hampanya
    Dari situlah allah memberi kita kenikmatan untuk merasakan angin, udara dan kita bsa melakukan sesuatu yg kita inginkan meski hanya d bumi
    Berterimakasihlah karena kita sdh d ciptakan dan di berikenikmatan
    Bersyukurlah karena kita telah menjadi manusia
    Malaikat masuk surga
    Setan masuk neraka
    Manusia dapat menentukan sndri karena punya akal dan nafsu
    Maka dari luruskan akal kita untuk selalu percaya yakin dan cinta insyaallah keraguan kita akan dihilangkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang sebelum jd manusia dulu jd apa gan?

      Hapus
    2. Iya bro soalnya banyak yg memberikan argumen jika pintar maka lebih tinggi dari malaikat dan jika bodoh maka di bawah malaikat.. Berarti ini ada pribadi yg memilih apakah sebelum jadi bentuk bayi ada opsi pilih seperti itu..

      Hapus
  34. Saya inging nanya.. ada yg bilang klo Tuhan itu ngk terikat sma aturan duniawi, berarti klo seandainya Tuhan pernah membunuh, apakah kita sebagai umatny ttp percaya dan mengikutiNya, atau sebaliknya.. dan seandainya Tuhan pernah berbuat yg buruk.. apakah kita sebagai umatnya mengikuti perbuatannya ? Sedangkan Tuhan sendiri melarang lerbuatan tersebut, padahal Tuhan juga melakukan perbuatan tersebut ?

    BalasHapus
  35. Saya inging nanya.. ada yg bilang klo Tuhan itu ngk terikat sma aturan duniawi, berarti klo seandainya Tuhan pernah membunuh, apakah kita sebagai umatny ttp percaya dan mengikutiNya, atau sebaliknya.. dan seandainya Tuhan pernah berbuat yg buruk.. apakah kita sebagai umatnya mengikuti perbuatannya ? Sedangkan Tuhan sendiri melarang lerbuatan tersebut, padahal Tuhan juga melakukan perbuatan tersebut ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya Tuhan gak terikat duniawi ini gimana?? Padahal yg menciptakan dunia adalah Tuhan
      Dan yg perlu diketahui Tuhan adalah Yang Maha Baik karena segala kebaikan berasal dari NYA, bahkan standar kebaikan juga berasal dari NYA

      Hapus
  36. mas haruta jangan Su'uzon sama Allah itu tidak baik,semua tanda2 yg di tunjukan Allah itu hanya untuk menunjukan kebesaran dan existebsi nya..apa pun yg Allah lakukan kepada kita ya itu yg terbaik dan pas buat kita terima...anda mau bilang Allah punya kekeurangan karena bisa murka gitu yak trus nurunin azab buat manusia?ingat mas Allah mengazab umat bila umat itu sudah terlewat batas dan pasti terlebih dahulu menurunkan Nabi Atau Rasul untuk mengingatkan nya seperti penjelasan ayat2 ini"Allah tidak akan membinasakan negeri yg penduduknya melakukan kebaikan kebaikan:6:131;11:117;17:15;26:208(tdk menyiksa sebelum di utus seorang rasul);28:59" dan kalo pun bagi kita yg tidak setuju dengan kehendak Allah ya kita mau gmn mas siapa yg berani sama yg punya saham 100℅ kehidupan alam semesta,ini semua milik Allahaa kita hanya pelaku bukan penentu.

    BalasHapus
  37. mas haruta jangan Su'uzon sama Allah itu tidak baik,semua tanda2 yg di tunjukan Allah itu hanya untuk menunjukan kebesaran dan existebsi nya..apa pun yg Allah lakukan kepada kita ya itu yg terbaik dan pas buat kita terima...anda mau bilang Allah punya kekeurangan karena bisa murka gitu yak trus nurunin azab buat manusia?ingat mas Allah mengazab umat bila umat itu sudah terlewat batas dan pasti terlebih dahulu menurunkan Nabi Atau Rasul untuk mengingatkan nya seperti penjelasan ayat2 ini"Allah tidak akan membinasakan negeri yg penduduknya melakukan kebaikan kebaikan:6:131;11:117;17:15;26:208(tdk menyiksa sebelum di utus seorang rasul);28:59" dan kalo pun bagi kita yg tidak setuju dengan kehendak Allah ya kita mau gmn mas siapa yg berani sama yg punya saham 100℅ kehidupan alam semesta,ini semua milik Allahaa kita hanya pelaku bukan penentu.

    BalasHapus
  38. Assalamu Alaikum.....
    Saya setuju.. supaya tidak muncul praduga2 yg lain2.. di ceramahnya Dr. Zakir Naik banyak mengulas masalah ini.. terutama kenapa manusia diciptakan Allah SWT. Insya Allah kawan2 akan mendapatkan jawabannya... Wassalam

    BalasHapus
  39. aku benci dengan diri ku.kenapa aku diciptakan kedunia ini.padahal aku tak memintak nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu kata mu yg sudah berwujud manusia kang,,skarang saya mau tanya akng kan islam kapan pertama kali mengucap syahadat hayooo ingat gak??

      Hapus
  40. mungkin kurang ikhlas aja mas Muhammad Romi anda dalam menjalani hidup,ada di ciptkan karena anda sudah di takdirkan di ciptkan terlahir di dunia ini bahkan sebelum anda lahir pun takdir anda sudah di tuliskan di mega server Lauhul Mahfudz.masalah anda meminta atau tidak yg pasti Allah tidak pernah meminta anda untuk lahir tapi andalah yg memilih terlahir kedunia ini,klo anda tidak meminta dan setuju untuk menjalani takdir anda tak mungkin anda sekarang menjalni kehidupan anda sekarang..mungkin anda bertanya kapan aku memilih untuk terlahir jawab nya saat anda di dalam rahim ibu anda.trus anda bertanya lagi kenapa aku bisa lupa klo aku pernah memilih terlahir?jaban nya karena manusia tempat salah dan lupa..ga percaya pasti anda tak tahu dengan pasti apa yg anda lakukan kemarin itu lah kenapa kita bisa lupa bahwa sebelum kita lahir sebenernya kita sudah ada deal dengan Allah.kodrat manusia mas tempatnya salah dan lupa.ikhlasin aja jalin aja dan nikmatin aja hidup anda agar anda tidak menyalahkan penciptaan anda.

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  42. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  43. gan @about islam masih byk yg belum paham ternyata sama isi artikel nya gan, padahal di akhir itu kan sudah ada kesimpulannya -___-

    Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."

    BalasHapus
  44. JAWABAN PASTINYA GAK ADA YAH ??..INTINYA KITA JUGA ROBOT YANG GAK AKAN PERNAH TAHU KENAPA KITA DICIPTAKAN KLO SALAH CERITANYA MASUK NERAKA PADAHAL KLO DIPIKIR KITA HIDUP DI DUNIA INI AJA UDAH SUSAH MINTA AMPUN BERDOA JUGA GK TAHU DIKABUL ATO NGGAK CUMAN NEBAK2 AJA HEHE..AKHIR CERITA MAH KITA HARUS JADI ROBOT YANG DI PROGRAM UNTUK MENGAKUI BAHWA ALLAH MAHA PENGASIH DAN PENYAYANG TITIK DAN AKHIR NYA MUNGKIN SADAR YANG BAIK BELUM TENTU SURGA YANG BURUK BELUM TENTU NERAKA..PERTANYAAN BERIKUT NYA ADA YANG UDAH BERKUNJUNG KE AKHERAT BELUM ?

    BalasHapus
  45. hihihihi lucu baca komenan diatas.

    dari pada sibuk seru seruan gini. mending dibikin ibadah aja. lebih mendekatkan diri kepada Tuhan, selalu melakukan hal yang benar, banyak banyak beramal, dan carilah ketenangan diri lewat ngaji atau beribadah. percayalah sama apa yang sudah menjadi keyakinan.

    BalasHapus
  46. Itulah IMAN. Agar kita percaya bahwa ada seuatu yang luar biasa yang telah menciptakan kita.
    Ingat 99 nama Allah .Klw Allah tidak menciptakan mahluk lalu siapa yg memgetahui klw dia adalah maha pengasih , maha penyayang ,maha perkasa dll . Dan apabila Allah memberi tahu kita semua untuk apa mahluk diciptakan maka apa Fungsinya iman.
    Klw semua bisa di jelaskan secara logika maka semua iman itu sia-sia . Kita hanya di perintahkan yakin dan beribadah pada suatu saat nanti ketika akan ada hari hisab maka Akan diketahui untuk apa kita diciptakan yang penting beriman saja dlu selamat dunia akhirat Insha Allah.

    BalasHapus
  47. Cobalah untuk belajar thariqah (jangan pakai logika) ITU hanya nafsu ingin tau,.. Smoga bermanfaat bgi hamba ALLAH SWT..

    BalasHapus
  48. Cobalah untuk belajar thariqah (jangan pakai logika) ITU hanya nafsu ingin tau,.. Smoga bermanfaat bgi hamba ALLAH SWT..

    BalasHapus
  49. Hanya Allah SWT yg Tahu dari apa yang Telah iya ciptakan, Kita Hanya mnjalakan Tlah apa yang iya berikan kpda kita, gunakan Akan Sehat kalian, Kita ber"Ibadah agar kita bersukur telah apa yang Allah Berikan nikmat nya kpda kita, kita Hanya lh cipta An nya Saja, Kita tidak tahu apa yg Diya ketahuwi, Bersukur lh akan kenikmatan yg Diya beri siyang Dan malam ada lh bukti kasih sayang nya kepada kita akan kenikmatan yang diya beri kan, manusia di ciptakan sekiyan rupa, kita hanya Manusia Mengetahui mana yang benar dan salah, kenapa manusia tinggi derajat nya ketibang malaikat, kerena manusia memiliki perasaan senang dan duka, kelemahan dan kekuwatan. di ciptakan utuk hidup dan Mati, terbangun dan tertidur, kita sudah di atuh sekian rupa oleh maha pencipta Allah SWT, berjalan di jalan yang salah itu sudah pilihan yang sudah kmu pilih. berjalan di jalan yg benar itu sudah kmu Pilih. itu semua ada pada diri manusia mana yg baik dan mana yang Salah, kita hanya meminta dan memohon agar kita tida salah apa yang sudah kita pilih, luwang kan waktu untuk merenukan Sjenak betapa hebat nya yg Kuwasa allah SWT telah menciptakan kita sekian rupa dari apa yang iya cipta kan dari yg kita lihat dengar, kita hanya lh cipta An Allah swt, Patut lh meyukuri nya,... mksih itu sja yg sya smpaikan,

    BalasHapus
  50. jawaban final......... klo Allah gak menciptakan manusia, kita gak akan mungkin ada diforum ini saat ini

    BalasHapus
  51. jawaban final......... klo Allah gak menciptakan manusia, kita gak akan mungkin ada diforum ini saat ini

    BalasHapus
  52. Kenapa ALLAH menciptakan manusia : karena manusia setuju diciptakan

    BalasHapus
  53. Maafkan hamba mu yang idiot tingkat akut ini ya allah...2017 masih aja galau akan kekuasaan mu ya robb...astagfirullah hal azhim..dekap lah aku yg bodoh beserta kawan2 ku sesama muslim yg masih lancang dgn melontarkan pertanyaan bodoh bin idiot bin tolol bin longor akut ini...engkau maha pencipta...tak ada keraguan akan mu ya dzul jalali wal ikrom...

    BalasHapus
  54. Maafkam kami yang keterlaluan embasil/idiot akut ini ya allah...sesungguh nya pertanyaan ini amat lancang...astaghfirullah...

    BalasHapus
  55. Jika kita ingin bertanya kenapa Tuhan menciptakan manusia, itu seperti halnya dengan masuk ke dalam konteks dasar penciptaan Sang Pencipta, apakah mungkin pikiran manusia yg notabene sebagai ciptaanNYA bisa mengetahui kenapa diciptakan manusia itu sendiri?? GAK MASUK AKAL KAN BRO....

    Namun pertanyaan yg paling relevan adalah apa tujuan Tuhan memberikan kehidupan kepada manusia??

    Jawabannya tanya hatimu sendiri

    Terimakasih

    BalasHapus
  56. Kita di lahirkan di dunia itu atas ke inginan Allah Swt,
    Jadi kalo sudah begini(terlahir di dunia), kita mau gak mau dengan iklas atau terpaksa harus menerima,
    Jadi jalan keluar nya supaya kita gak rugi di ahirat nanti yg kekal abadi, kita harus menjalankan perintah nya

    BalasHapus
  57. Kita di lahirkan di dunia itu atas ke inginan Allah Swt,
    Jadi kalo sudah begini(terlahir di dunia), kita mau gak mau dengan iklas atau terpaksa harus menerima,
    Jadi jalan keluar nya supaya kita gak rugi di ahirat nanti yg kekal abadi, kita harus menjalankan perintah nya & menjauhi larangan nya.

    BalasHapus
  58. Sebelum semua berwujud (langit,gunung,manusia,jin,dll) kita telah diberikan pilihan oleh Allah SWT . Dan kita memilih menjadi manusia menurut QS 33:72.
    Lalu kenapa begitu bodoh untuk memilih menjadi manusia ? karena kita mengharapkan PAHALA YANG BESAR di akhirat kelak, andaikata di HOTEL BINTANG 5, paling enak jadi siapa di hotel itu ?

    tentu saja paling enak jadi TAMUNYA di hotel itu ,dilayani ,dimanjakan ,menikmati segala

    fasilitas hotel tanpa harus bekerja dan berusaha lagi. Wallahu Alam mungkin gunung sekarang

    nanti menjadi gunung di surga,langit menjadi langit, pohon tetap manjadi pohon,dst, dan kita

    manusia tetap menjadi manusia yang diberikan kenikmatan lebih dari ciptaan Allah yang lain.

    Siapa yang dapat memungkiri bahwa manusia diberikan kenikmatan lebih ketimbang ciptaan Allah

    yang lain? manusia dapat merasakan cinta terhadap pasangan , kita dapat meramu makanan yang

    lezat-lezat, dan lain sebagainya, dan apakah gunung, pohon, binatang dapat merasakan kenikmatan

    itu ? jawabannya tentu saja tidak, itulah janji Allah terhadap manusia yang beriman kelak di

    surga nanti (QS 33:29)

    Apakah malaikat menikmati surga ? dalam Al-Quran banyak ayat yang menjelaskan bahwa setelah

    kiamat ada malaikat yang masih mendapat tugas dari Allah, ada yang menjaga pintu surga dan

    neraka, ada yang menghukum manusia kafir di neraka , ada yang mengangkat Arsy Allah dsb,

    sebenarnya manusialah yang benar-benar menikmati surga sepenuhnya.

    kodrat manusia diciptakan dengan akal pikiran untuk berbuat apa saja yang diinginkan, manusia

    bukan seperti malaikat yang tidak memiliki kehendak bebas.
    tetapi sebelum manusia dapat memasuki surga, Allah berkehendak untuk menguji terlebih dahulu

    bagaimana manusia itu menggunakan akalnya , apakah untuk berbuat zalim atau beriman kepada

    Allah SWT karena Allah sendiri "BELUM MENGETAHUI" jalan mana yang akan ditempuh manusia

    tersebut sesuai dengan firmannya QS 9:16 , tentu saja Allah SWT maha mengetahui segala sesuatu

    ibaratnya seperti jalan di perkotaan banyak belokan , persimpangan , dll ,Allah SWT mengetahui

    semua jalan itu, tetapi jalan yang akan ditempuh manusia tergantung dari pilihan manusia itu

    sendiri,apakah jalan kufur yang dipilih atau jalan lurus. Allah bisa saja ikut campur dalam hal

    tersebut menurut QS 5:48 , tapi jika kita terus di dikte oleh Allah dimana letak ujiannya ??

    oleh karena itu dalam tiap sholat kita membaca alfatihah untuk meminta diberikan petunjuk akan

    shirotol mustaqim jalan yang lurus yang diridhoi Allah.

    apakah pantas manusia dengan akal pikirannya digunakan untuk membunuh 6 juta yahudi seperti

    hittler untuk masuk ke surga ? atau manusia yang cenderung untuk merampok,memperkosa,sirik

    untuk dibiarkan begitu saja masuk surga tanpa ada ketidak adilan ?

    Apakah kita ingat sewaktu memilih menjadi manusia ? tentu saja tidak , karena dalam QS 50:22

    "Sesungguhnya kamu berada dalam keadaan lalai dari (hal) ini, maka Kami singkapkan daripadamu

    tutup (yang menutupi)matamu, maka penglihatanmu pada hari itu amat tajam", "penutup" inilah

    yang memungkinkan kita untuk menjalankan ujian di dunia ini ? apabila tidak ada penutup

    tersebut dimana letak ujiannya ? sama halnya dengan ujian sekolah dengan memperbolehkan untuk

    membuka buku itu merupakan hal yang tidak logis


    BalasHapus
    Balasan
    1. Hha ente islam ap brow syiah bukan ,dr mana ilmu ente ,bukankah kita d ciptakan allah sesuai kehendaknya sudah menjadi keputusan allah kita tdk bisa memilih menjadi jin dn malaikat ,kita d ciptakan menjadi manusia karena manusia mahkluk paling sempurna bayangkan apakah kita menyembah allah selamanya tdk hanya sampai ajal kita menjemput atau mati itupun hanya 5 menit dalam d kali 5 waktu 25menit 1hari kalau umur kita 50 tahun 25x50 dn berapa kita beribadah d antara 5tahun sedang malaikat beribadah siang dn malam tanpa henti hingga akhrir kiamat ,bukanya allah melebihkan kita atas segala sesuatu dn jika kita melakukanya dg khusyu dg ikhlas berpuasa berzakat dn beramal maka insyaallah alah menjaminkan syurga bagi kita sedang umur kita tidaklah panjang jika d syurga umur kita d dunia hanya 1hari 1malam itu singkat dn malaikat yg hidup dn beribadah selamanya sedang kita jika masuk syurga kekal d dalamnya tanpa harus khawatir dll yg penuh dg kenikmatan dn itulah kelebihan dr manusia bukanya allah melebihkan manusia dr segala sesuatu dn menjadi makhluk paling sempurna jika ia beriman jad tdk ad manusia suruh milih jadi jin atau malaikat intinya manusia d ciptakan allah sesuai kehendaknya dan menjadi makhluk paling sempurna d antara mahkluk allah jika beriman maka kewajiban kita hanya beriman dn taqwa pd allah

      Hapus
    2. Jadi kaji lagi ilmu kamu kitab apa yg kamu baca secara kitab islam suni alquran tdk ad yg mengatakan seperti itu awas anda ilmu sesat carilah ilmu dr alquran suni dn penerjemah yg benar jg asal asalan menerjemahkan ayat alquran tanpa wawasan pengetahuan pembimbing yg benar kalau aku lihat anda bukan islam suni tp islam syiah karena jauh dr alquran dn kebenaran ,kalau syiah jelas sesat ,maka ilmu anda sepertinya berbeda dr islam suni mana dlil dalam alquran jika manusia d berikan pilihan menjadi jin malaikat dn manusia tunjukkan dalam alquran suni bkn syiah dn nama qurna surat ap dn ayat berapa trimakasih semoga anda mendapatkan hidayah amin

      Hapus
    3. Ingat rosululah pernah bersabda d akhir zaman manusia akan terbagi menjadi 73 golongan setiap golongan ad 11 hingga 12 golongan dn hanya ad 1 golongan yg selamat yaitu islam suni,karena ilmu islam suni tdk akan berbeda sm yg d timur tengah sm agama seluruh nabi dn agama paling benar adalah islam suni bkan syiah ,islam syiah memiliki sejarah yg sesat dn tepatnya hanya ad d negara iran ,jika suni ad d seluruh negara muslim timur tengah pd intinya negara iran lah yg membuat agama syiah it ,agama allah cm islam suni ,dn kuncinya hanya ad d alquran dn sunah rosululah bukan kitab syiah memang banyak buku yg d buat dn tdk sesuai daftar isi standar agama islam artinya buku lokal dn alquran it memiliki penjelasan bersifat global banyak kata yg berbeda tp 1 makna atau 1 artian tp saya rasa tdk ad yg menyebutkan begitu lho

      Hapus
  59. Apakah anda tau?
    Kita tidak tau bagaimana kita tau
    Tidak semuanya kita harus tau‎
    kita tidak harus tau untuk menjadi tau
    Karena terkadang Menjadi Tidak tau lebih baik daripada tau‎

    BalasHapus
  60. Mungkin ini, mungkin itu?
    Perkara agama kembalikan kepada dalilnya Quran dan Hadits, ga boleh menggunakan opini, jadi mohon maaf jangan seenaknya saja bilang mungkin karena ini, mungkin karena itu. Ada ga dalilnya???

    BalasHapus
  61. Andaikan yang bertanya hal tersebut adalah non muslim dan bertanya kepada muslim gmn ? Otomatis yg di pake logika dulu bro, sebenernya maksud ente bener kalo kita tidak boleh membuat opini sembarang dan harus menggunakan dalil tapi kita tetep bebas beropini dan ada kesinambungan juga dengan dalil

    BalasHapus
  62. Ending dari premisnya di dunia "sesungguhnya Allah lebih mengetahui". Well.. Nggak puas. Nyesek. Bikin penasaran. Bikin gelisah ya jadinya. Semua yang bawa dalil mentoknya ya "di mana ujiannya?", "ini ujian keimanan". Rahasia yang bikin manusia jadi sebal. Coba aja Allah ngomong (misal) "karena Allah bosan, butuh hiburan yang lebih menarik, dramatis, out of the box dan berwana daripada alam semesta, malaikat, bidadari, jin, dan aneka makhluk lainnya" mungkin kita tidak sakit kepala saat ini. Atau coba Allah beri alasan gamblang "karena Allah merasa kosong atas ke-Maha Tunggalan ini, Allah membuat proyek 'balas dendam' dari rasa kosong tersebut dengan menciptakan manusia yang sempurna. Tak perlu Maha Segala2nya, yang penting mereka merasakan aneka sensasi yang melengkapi kekosongan dari ke-Maha Tunggalan seperti: indahnya jika hidup itu punya keluarga, indahnya jika hidup itu ada suka duka, berpetualang, berjuang, penasaran, kepuasan, cita rasa, punya awal dan akhir yang jelas."

    Kadang2 Saya merasa manusia diciptakan karena Allah itu sebenarnya kepengen hidup seperti manusia. Karena manusia itu benar2 kompleks, berwarna dan melengkapi sisi kosong Allah Yang Maha Tunggal. Allah tidak mungkin jadi ciptaan. Oleh karenanya Allah menciptakan manusia dan 'menumpang' rasa jadi manusia, menikmati setiap sensasi dramatis, adrenalin, sebagaimana Allah Maha Merasakan.

    Wallahu A'lam. Upaya berbaik sangka atas ketidak puasan dari premis paling benar: "Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang tidak kita ketahui".

    BalasHapus
  63. Menurut saya Manusia hanyalah aktor yang harus menjalani apapun perannya ada yg antagonis protagonis dll.Produsernya adalah Allah SWT semua sudah tertulis sekenarionya di Takdir Mubrom Nya mungkn yang nulis lewat Malaikat.kenapa manusia di ciptakan karena Allah ingin membuat film yang judulnya Alam semesta dan isinya.Salah satunya judul The Earth.

    "Maaf pemikiran pribadi saya".

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baca komentar anda saya jadi ketawa hahaaa.sekali lg hahaaaaa. Maaf yaa,gk ada niat menyinggung tp mnurut saya ini komentar bikin sya tertawa

      Hapus
  64. Tuhan adalah "dirimu, dia dan mereka" kita semua terhubung dalam satu dimensi , satu sama lain belajar dan berkembang hingga sekarang, saya agnostic saya mempercayai keberadaan Tuhan dan mengamalkan segala perintahnya yang baik dan benar, jika kita menelisik tentang Tuhan, mungkin kita berfikir mengapa tuhan begitu psycho? Ia menciptakan manusia yg takdirnya telah ditentukan olehNya, dan kelompok surga dan neraka otomatis telah ia tentukan juga, padahal keduanya bernyawa dan memiliki perasaan, mengapa ia begitu tega melihat kelompok ini disiksa sementara kelompok itu di manjakan??? Jawabannya adalah "dirimu" sendiri , bukan tuhan yang menghukum kelompok neraka, bukan tuhan yang memanjakan dirimu disurga. Itu sebab mengapa saya katakan , Tuhan adalah "dirimu,dia dan mereka" , tidak kah anda merasa disayang dan begitu dekat dengan Nya???? Jika anda orang tua yang menyayangi anak anda, anda pasti berfikir, anak itu adalah anak saya, anak saya itu adalah saya. Saya sangat mencintainya...

    BalasHapus
  65. Jika kalian inggin benar-benar tau maksud dan tujuan kenapa kita di ciptakan allah di dunia ini, hendaklah kau mendekatkan diri padanya dengan cara bertagwa kepadanya. Niscaya allah akan membuka semua jalan pikiran untuk semua pertanyaan mu,.. Amiin,.

    BalasHapus
  66. Karena tuhan ingin kalian ada menikmati dan merasakannya dalam batasan2 yg sudah ditentukannya...klau msih ditanya knp tuhan ingin kita ada karena dia maha pengasih dan penyayang.

    BalasHapus
  67. KENAPA ALLAH MENCIPTAKAN MANUSIA?..
    Jawab:
    Karena Allah ingin dikenal.
    Siapa yang akan mengenal Allah kalau Allah tidak menciptakan makhluk khususnya manusia.
    Wallohu'alambishawab

    BalasHapus

  68. KENAPA ALLAH MENCIPTAKAN MANUSIA?..
    Jawab:
    Karena Allah ingin dikenal.
    Siapa yang akan mengenal Allah kalau Allah tidak menciptakan makhluk khususnya manusia.

    Ini dalilnya:

    Allah SWT berfirman:

    ูˆَู„ِู„ّٰู‡ِ ุงู„ْู…َุดْุฑِู‚ُ ูˆَุงู„ْู…َุบْุฑِุจُ ูَุงَูŠْู†َู…َุง ุชُูˆَู„ُّูˆْุง ูَุซَู…َّ ูˆَุฌْู‡ُ ุงู„ู„ّٰู‡ِ ۗ ุงِู†َّ ุงู„ู„ّٰู‡َ ูˆَุงุณِุนٌ ุนَู„ِูŠْู…ٌ
    wa lillaahil-masyriqu wal-maghribu fa ainamaa tuwalluu fa samma waj-hulloh, innalloha waasi'un 'aliim

    "Dan milik Allah Timur dan Barat. Ke mana pun kamu menghadap, di sanalah wajah Allah. Sungguh, Allah Maha Luas, Maha Mengetahui."
    (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 115)

    Note:
    Apa/siapa yang dimaksud dengan wajah Allah?

    Jawab:
    Semua ciptaanNya khususnya manusia.

    Wallohu'alambishawab

    BalasHapus
  69. Ilmu agama saya masih dangkal mohon maaf klo saya salah menjawab.
    Kenapa alloh menciptakan manusia dibumi ini???
    Menurut saya kita harus melihat dari segi penciptaan manusia pertama yaitu adam. Bukankah dahulu manusia(adam),jin,malaikat tinggal di syurga?
    Lalu knapa adam bisa sampai dibumi?sebab adam dihukum alloh karena adam terpengaruh oleh bisikan jin yaitu memakan buah khuldi,jin/iblis tidak menyukai penciptaan manusia karena manusia dianggap lebih sempurna dan lebih taat kepada alloh daripada jin. Jin diciptakan dri api sdgkan adam dr tanah.jin berusaha menantang alloh dan meminta kpd alloh agar diberi kesempatan/membuktiakan bahwa jinlah yg lebih sempurna dan lebih taat kpd alloh daripada adam,cucu cucu adam/keturunannya(kita).

    Lalu pertanyaan lain, kenapa alloh menghukum adam ke bumi?? Akibatnya kita sbgai keturunan adam jd tggl dibumi dan terus menerus akan digoda setan?

    Yg saya tau,sblum mnusia ada dibumi ini sudah ada makhluk2 lain sbgai penghuni bumi nmun mereka hanya pnyebab kerusakan dan khancuran. Alloh maha mengetahui sgalanya dan mengetahui manusia mlibihi mnusia itu sndiri mknya alloh mnurunkan adam kebumi(khalifah). Dan Allah mengirimkan kita nabi/rasul serta agama islam agar kita tahu cara mnjlankan perintah serta mnjauhi larangannya dan tidk trpengaruh oleh bisikan setan.Dan hanya manusia yg taat kpd alloh lah yg bisa menjaga bumi ini(khalifah). Semoga kita termasuk dri golongan manusia tsb. Amiiin

    Smg bisa membantu. Jika koment saya salah mohon dikoreksi.


    BalasHapus
  70. Saya tertarik dengan artikel yang ditampilkan dalam blog ini saya tunggu artikel terbaru nya
    Terimakasih

    BalasHapus
  71. Bukan sok paham, cuma mau bilang,. .ALLAH SWT itu Tuhan, MAHA SEGALANYA, jadi apapun yang ALLAH KEHENDAKI, itu terserah Nya..Sebagai ciptaan, kita tidak berhak menentang apa yang telah dilakukan sang pencipta, jadi apapun yang ALLAH SWT CIPTAKAN, apapun yang ALLAH SWT LAKUKAN, itu semua kehendak-Nya. . .Suka-suka ALLAH mau ngelakuin apa, cukup ikuti perintah-Nya dan Jauhi Larangannya..Islam memang suka dengan manusia yang berfikir, tapi Islam juga mengajarkan umatnya untuk beriman,. .Berilmu tanpa Iman sama halnya kita dengan ROBOT. . .

    BalasHapus
  72. Asalamualaikum,wr,wwb,saudaraku yh beriman/yg tdk beriman,didalam surat,AN,NUR(CAHAYA).ayat,115,yg berbunyi,artinya:ALLAH,SWT.MENCIPTAKAN MANUSIA ,BUKANLAH DGN PERCUMA:MAKA APAKAH KAMU MENGIRA,BAHWA SESUNGGUHNYA,KAMMI,KAMU,SECARA MAIN2(saja)DAN BAHWA KAMU,TDK DIKEMBALIKAN KPD ,KAMI?

    BalasHapus
  73. pada so tau, padahal yang kalian omongin itu semua hanya sebatas katanya, ga ada yang tau sesungguhnya, kenapa mesti ngotot pada ngetasa pinter, kan cuma katanya doang

    BalasHapus
  74. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  75. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  76. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  77. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  78. Assalamu'alaikum...
    Ane mau ngasih pencerahan buat kaum yg tersesat nih... na'udzubillahimindzalik..., Mudah-mudahan kita bukan dari golongan kaum tersebut.... Amin..

    Sebagai perumpamaan, coba ente hai umat... Tanya kepada seorang bayi tentang kenapa dia hanya mau minum susu dan tidak mau makan ayam goreng, dan lihat apa bayi itu bisa menjelaskan. Tentu saja dia tidak bisa jawab. Tapi ketidakmampuan bayi itu untuk menjawab pertanyaan seputar dietnya tidak menjadi masalah bagi dia pada waktunya harus minum susu. Dia tetap minum susu dengan tenang.

    Kalau ada manusia yang bisa menjawab pertanyaan itu, maka dia telah melebihi para Nabi dan mengetahui pemikiran Tuhan yang Maha Esa. Yang bisa menjawab pertanyaan itu hanyalah Alloh, dan Dia tidak pernah menjelaskan. Jadi kita tidak bisa tahu. Juga boleh bertanya kenapa Alloh tidak menciptakan manusia dgn kemampuan terbang seperti Superman? Atau kenapa Alloh tidak menciptakan manusia dgn kemampuan bernafas di dalam air spt ikan?
    Lanjut membaca

    BalasHapus
  79. udah bang ka pak jangan pusing2 itu yg di sebut manusia tidak ada yg sempurna bukan sempurna fisik ajh ya maksudnya sempurna akal dan ilmu,Allah lah yg maha sempurna tuh buktinya udah jelas ente termasuk ane gk sempurna gk tau jawaban yg tepat tapi allah maha sempurna bisa mengetahui jawaban yg tepat knp allah menciptakan manusia akal dan ilmu manusia ith tidak sempurna berbeda dengan akal dan ilmu Allah yg maha sempurna klo ada yg beranggapan manusia itu sempurna kita tes dri pendengaran klo pendengaran manusia ith sempurna manusia pasti bisa mendengar isi hati orang lain berbeda dengan pendengaran allah yg maha sempurna bisa mendengar isi hati manusia,manusia itu mendengar masih membutuhkan bantuan telinga tapi allah maha sempurna tidak membutuhkan ny begitupun Akal dan pikiran Allah berbeda dengan mahkluk nya Allah ith Dzat maha hidup,
    sekalian pembelajaran buat kita semua allah itu mempunyai sifat
    manusia ajh ciptaan ny punya sifat masa allah sang pencipta tidak memiliki sifat,cuma sifat ny allah tuh berbeda dengan mahkluk ny sifat nya Allah tuh maha sempurna tidak seperti mahluk ny,
    Sifat manusia contoh galaw,ngambek, sedih,pusing,cemas dll
    Tpi sifat Allah maha sempurna na
    Sifat-sifat Allah SWT
    Allah SWT memiliki 20 sifat wajib dan 20 sifat mustahil serta satu sifat jaiz (wewenang). Dua puluh sifat wajib dan dua puluh sifat mustahil
    Sisa ny cari tw sendiri ya๐Ÿ˜‰

    BalasHapus
  80. Jadi intinya gini "Allah SWT lebih mengetahui apa yg kita ketahuin".
    Ane paham,syukron..

    BalasHapus
  81. Di balik misteri
    Selalu ada cahaya
    Dan cuma Allah yg mengetahui segalanya
    Jadi untuk apa ditau?
    You are what you are
    Tuhan tidak mengendalikan takdirmu
    Tetapi jika menyangkut hidup dan mati
    Smuanya ada di kehendak yg maha esa

    BalasHapus
  82. Wa maa khalaqnal jinni wal insi illaa lia'buduun.
    Dan tidaklah Kami (Allah SWT) ciptakan jin dan manusia, kecuali untuk mengabdi kepada Kami (Allah SWT).Surah Az-Zariyat, Ayat 56.
    Manusia dan jin diciptakan dgn dberikan bermacam2 ujian. Jika yang lulus mendapatkan ganjaran yg terbaik, dan yg tidak lulus akan mendapatkan ganjaran yang sangat pedih.

    BalasHapus
  83. Allah ingin kita(manusia)menyembahnya dgn rasa ihklas..dari hati manusia itu sendiri..tanpa paksaan...tdk spt robot yg sdh terprogram...
    Wallahualam Bishowab...

    BalasHapus
  84. Allah ingin kita manusia menyembahnya dgn rasa ihklas...bkn dgn paksaan...dr hati manusia itu sendiri...tdk spt robot yg sdh terprogram...
    Wallahualam bishoBis

    BalasHapus